Entri Populer

Rabu, 11 April 2012

SUKSESKAN UN 2012, BK SMAN 1 SLAHUNG GELAR PEMBEKALAN MENTAL DAN DO'A BERSAMA






























SUKSESKAN UN 2012, BK SMAN 1 SLAHUNG GELAR 
PEMBEKALAN MENTAL DAN DO'A BERSAMA
Dalam rangka mensukseskan Ujian Nasional tingkat SMA pada 16-19 April 2012 mendatang, maka Bimbingan Konseling SMAN 1 Slahung, Ponorogo bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Ponorogo menyelenggarakan "Pembekalan Mental Menghadapi Ujian Nasional dan Do'a Bersama" bagi Kelas XII.
Kegiatan ini dilaksanakan Rabu, 4 April 2012 di Laboratorium IPA SMAN 1 Slahung dengan diikuti oleh seluruh siswa Kelas XII yang berjumlah 211 siswa dengan rincian XII.IPA.1 berjumlah 37 siswa, XII.IPA.2 berjumlah 38 siswa, XII.IPA.3 berjumlah 36 siswa, XII.IPS.1 berjumlah 33 siswa, XII.IPS.2 berjumlah 33 siswadan XII.IPS.3 berjumlah 34 siswa. Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir sekitar 12.00 WIB. Acara dimulai dengan Opening Ceremony dengan MC Lilik Setyawati, SE (Staf BK), Eny Setyorahayu, S.Pd (Staf BK) memberikan sambutan selaku Ketua Team Work dan Drs. H. Budi Susanto selaku Kepala Sekolah memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Opening Ceremony ini diakhiri  dengan do'a yang dipimpin oleh Abdul Rohim, S.Ag (Walikelas XII.IPS.1/Guru PAI). Kemudian acara dilanjutkan pada acara inti Pembekalan Mental Menghadapi Ujian Nasional dan Do'a Bersama dengan Materi; Bimbingan Belajar dan Karir oleh Heru Sukoco, S.Pd (Koordinator BK), Pendidikan Karakter oleh Team BK SMAN 1 Slahung, Achievement Motivation Training (AMT) oleh Sayid Abas, SE,  M.Si (Team Unmuh), Emotional Spiritual Quotient (ESQ) oleh Drs. Rudianto, M.Pd (Team Unmuh), Hypno Therapy Sukses UN oleh Drs. Rudianto, M.Pd (Team Unmuh) dan Do'a Bersama oleh Drs. Imam Mujahid, MA dipandu Moderator Ma'shum Syah, S.Psi (Staf BK).    
               
Pembekalan Mental Menghadapi Ujian Nasional dimaksudkan untuk memberikan Motivasi Berprestasi Tinggi dan Penataan Mental agar siswa siap menghadapi ujian nasional dengan hati yang rileks dan benar-benar siap secara Lahir dan Batin. Usaha lahir sudah banyak dilakukan dengan Les Mata Pelajaran (Mapel) Ujian Nasional, Simulasi, Try Out dan lain sebagainya. Kini Usaha Batinnya melalui Pembekalan Mental dan Do'a Bersama.
Dengan materi-materi dalam acara tersebut diharapkan siswa lebih rileks dan tidak menganggap Ujian Nasional menjadi beban atau momok, akan tetapi menjadi pintu prestasi dalam meraih cita-cita dengan kesiapan Lahir dan Batin yang prima. Artinya kegiatan ini menjadi kegiatan peningkatan Motivasi Berprestasi yang tinggi (Increase Need Of Achievement konsep McLelland) sekaligus Refreshing/Penyegaran Pra Ujian Nasional setelah menjalani Les, Bimbingan Belajar, Simulasi Soal dan lain sebagainya (yang kurang lebih menjadi beban  psikis bagi siswa) yang pada akhirnya dengan kegiatan ini melahirkan sukses Ujian Nasional dengan hasil Lulus Semua dengan Nilai Membanggakan dan mampu diterima di Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes (Jalur SNMPTN Undangan). Terbukti setelah acara yang diwarnai keharuan dan isak tangis siswa dan siswi kelas XII, mereka lebih rileks. "Insyaallah saya siap menghadapi ujian, setelah relaksasi ini dan mental yang lebih matang menghadapi Ujian Nasional", terang Astri Wuryani siswi kelas XII.IPA.1.
Disamping itu, siswa diharapkan mampu memiliki dasar berfikir yang kuat tertutama saat memilih Ilmu yang akan didalami dalam mencapai cita-cita. Dengan demikian, adanya salah pilih jurusan ataupun keterpaksaan memilih dalam Program PMDK/SNMPTN Undangan maupun SNMPTN Tulis, maupun PMDK di kampus swasta tidak sampai terjadi. (bk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar